Mendapatkan Kerja di Industri Migas

lowonganmigas.net-Saat ini pilihan untuk bekerja di bidang industri minyak dan gas (migas) masih merupakan idola bagi setiap orang, hal ini dikarenakan standard gaji yang di atas rata-rata industri pada umumnya. Dalam mendapatkan kerja di Industri migas, saat ini dapat lebih mudah bagi anda untuk memperoleh informasi lowongan kerja migas yang anda cari, dikarenakan berbagai iklan lowongan migas tersebar di internet yang dapat dengan mudah dicari hanya dengan mengetikkan kata “lowongan migas” , maka dengan cepat muncul berbagai situs penyedia informasi lowongan kerja migas tertera pada layar monitor anda. Sebenarnya untuk dapat masuk di industri migas tidaklah susah. Cukup dengan bekal pendidikan minimal SMA atau SMK dengan bidang keahlian teknik, maka sudah merupakan modal awal bagi anda untuk menapaki karir di dunia migas mulai level bawah seperti contohnya adalah posisi helper atau roustabout. Berikut merupakan tips untuk Mendapatkan Kerja di Industri Migas yang dapat anda jadikan referensi untuk membuka peluang anda bekerja di migas.

 

1. Tingkatkan Keahlian khusus

drilling migasPada umumnya kebanyakan posisi lowongan kerja di industri ini terdapat pada setiap kali ada proyek pembangunan kilang minyak baik untuk lepas pantai (offshore) maupun daerah operasi minyak dan gas di darat (onshore). Namun pada umumnya lowongan pada industri ini adalah menggunakan sistem kontrak dan bukan permanen. Hal ini dikarenakan perkembangan industri migas sangatlah dinamis, sehingga terkadang suatu perusahaan migas membutuhkan karyawan kontrak dengan jumlah cukup banyak jika perusahaan tersebut sedang dalam tahap development atau pengembangan lokasi area kerja. Meskipun begitu, minat untuk mendapatkan pekerjaan di dunia perminyakan ini sangatlah tinggi. Sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan dalam dunia ini juga semakin ketat. Maka dari itu, selain bekal ijazah pendidikan meskipun tinggi, tidaklah cukup untuk mampu bersaing di industri ini. Sebagai pencari kerja, diperlukan tambahan skill atau kemampuan khusus dalam bidang yang akan ditekuni nantinya dengan memiliki bukti berupa sertifikasi. Banyak berbagai perusahaan penyedia sertifikasi bisa anda ikuti, misalnya di Pusdiklat Migas Cepu, B4t Bandung, Ladwer Institute Batam, SLV Metropolitan Cilegon dan sebagainya. Banyak keahlian khusus di migas seperti Drilling atau Inspection.

2. Perluas jaringan teman

pekerja migasSelain itu, anda dapat memperluas wawasan terhadap industri minyak dan gas dengan aktif mengikuti grup diskusi yang banyak tersedia di internet. Dalam mengikuti grup diskusi tersebut, banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Selain mendapatkan informasi lowongan kerja migas, anda juga dapat memperluas jaringan teman yang sudah menjadi karyawan di perusahaan migas. Saat ini banyak social media yang dikhususkan bagi para pencari kerja, contohnya Linkedin.com, disana anda dapat bergabung dan mendapatkan informasi tentang pekerjaan dengan mudah. Semakin luas jaringan pertemanan anda dalam dunia migas, maka semakin terbuka peluang masuk di dunia migas. Karena informasi yang didapatkan dari seorang teman anda yang sudah masuk di dalam perusahaan migas, bisa menjadi referensi jika anda mengikuti proses seleksi penerimaan pegawai. Bagi seorang fresh graduate, sangat dianjurkan untuk mempererat hubungan dengan senior yang telah masuk di perusahaan migas, sehingga dengan semakin intens berkomunikasi, maka semakin mudah mendapatkan informasi lowongan kerja.

3.  Perbaiki CV anda

Semakin banyak pengalaman kerja terkait dengan bidang pekerjaan yang anda incar, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan panggilan kesempatan mengikuti proses seleksi, bahkan semakin tinggi peluang untuk mendapatkan kerja di Industri migas yang anda impikan. Anda jangan terlalu minder jika belum memiliki pengalaman kerja di industri migas. Karena banyak sekali bidang keahlian dari industri selain migas dapat diaplikasikan juga dalam pekerjaan di bidang migas. Misalnya keahlian teknisi, seorang teknisi pada umumnya melakukan pekerjaan rutin memastikan peralatan pada suatu perusahaan beroperasi dengan normal. Maka tingkatkan ilmu tentang teknik perawatan yang berkaitan dengan alat yang sedang anda tekuni.

Beberapa tips di atas semoga dapat membantu anda untuk mendapatkan karir di industri migas dengan hasil usaha dan kerja keras anda sendiri.